Pengertian dan Fungsi Floppy Disk Drive

by 10.25 1 komentar

Artikel ini berisikan tentang pengertian dan fungsi floppy disk drive

Pengertian Floppy Disk Drive (FDD)

          Floppy Disk Drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan komputer portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Sempat populer karena dapat mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju.

           Floppy Disk Drive (FDD) atau Disket adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Sekarang sudah banyak bermunculan media penyimpanan yang lebih maju dari floppy disk, seperti : CD-R, CD-RW, Flash Disk, dan Zip drive. Walaupun sudah banyak media penyimpanan yang lain, floppy disk masih tetap bertahan. Sistem floppy disk drive memiliki dua elemen terpisah yakni floppy diskete dan disk drive. Data disimpan dalam disket yang mudah dibawa. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke disk drive.

Fungsi Floppy Disk Drive (FDD)

          Sebagai alat pembaca dan penulis data kedalam disket. Selain Floppy, ada peralatan lain yang fungsinya sama yaitu ZIP Drive. Perbedaannya terletak pada kapasitas yang ditampung Zip Drive, yaitu 100 MB.

Sejarah Floppy Disk Drive (FDD)

           Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahhun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch. karena sifat kemasan yang fleksibel maka di beri nama disket. Tidak sampai pertengahan era tahun 1980-an Floppy Disk berkembang lagi menjadi 3.5 inch yang kemudian mengontrol pasar sepanjang era 90-an.
Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil karena sifatnya yang fleksibel.

Jenis-Jenis Floppy Disk Drive (FDD)

Size - Floppy Disk
Size – Floppy Disk
Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive
Kabel Floppy Disk
Kabel Data Floppy Disk
Kabel Power Floppy Disk
Kabel Power Floppy Disk
Kabel FDD + Kabel Power
Kabel FDD + Kabel Power
FDD - External
FDD – External
Disket
Disket
 
Source : http://wahyudinlahawa.smkn1-galang.sch.id/floppy-disk-drive/

Indra Gunawan

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: